Sabtu, 11 Juni 2011

I was a Genta Crew

Awal kuliah, gw ga pernah kepikiran ikut pers mahasiswa. Satu-satunya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bikin gw tertarik waktu itu adalah AIESEC karena gw pengen banget exchange ke luar negeri (2 taon belakangan gw baru tau kalo exchange ga harus jadi anggota AIESEC). Tapi ga tau kenapa, beberapa bulan kuliah gw berpaling dari AIESEC ke Telemetri, tiba-tiba gw lebih tertarik sama IT. Dan ujung-ujungnya gw malah nyasar di pers. 

Awalnya iseng-iseng aja daftar pas ada open recruitment. Padahal gw sama sekali ga punya bakat nulis selain nulis cerita-cerita konyol bin tolol bareng 2 temen gw dan nulis postingan blog yang geje bin aneh ini. Tapi anehnya waktu SMA banyak temen-temen satu sekolah yang suka sama cerita konyol bin tolol itu. Jadi seolah-olah kita bikin diary tentang petualangan geng anak-anak terkaya di dunia (dari sini aja udah ketebak tololnya). Geng ini beranggotakan 15 orang. Nah kebayang tuh 15 orang, udah kaya geng motor aja. 

Kenal Pangeran Harry kan? Udah tau blom kalo Pangeran Harry itu ngejar-ngejar cewek bernama Valencia? Atau ada anak yang diusir orang tua karena ngancurin meja makan? Atau Christina Aguilera, Britney Spears, dan Avril Lavigne yang ternyata sohiban dan sering ke salon bareng? Atau juga remaja yang berani nyulik istri George W. Bush? Semuanya hanya ada di cerita konyol bin tolol itu. Kapan-kapan deh gw posting. Hehe… 

Balik lagi tentang pers. Walaupun awalnya Cuma iseng, tapi gw berhasil ngikutin tahap-tahap recruitment dari awal sampai akhir dengan sedikit terseok-seok. Karena gw tau gw ga bisa nulis dan ga ngerti apa-apa soal pers. Tapi akhirnya lambat laun gw sadar kalo gw bisa layout. Yeah at least, gw bisa sesuatu. Haha.. kedengerannya hopeless banget yak. 

Kira-kira 5 bulan gw ngikutin tahap recruitment. Mulai dari dikeroyok pas wawancara, sampai begadang di kampus buat nge-layout tabloid dan gw satu-satunya cewek. Akhirnya tibalah waktu pelantikan. Awalnya gw mikir ini bagian yang paling ga gw suka. Gw rela begadang semalaman di kampus buat nge-layout tabloid dari pada harus ikut camping pelantikan. 

Yap gw ga suka camping. Gw ga suka tidur di dalam tenda dan MCK di sungai. Air sungai bikin kulit gatel dan bentol-bentol. Tapi karena ini sifatnya wajib, gw ga bisa ngelak. Dan inilah pengalaman camping pertama gw. 

Jadi para calon anggota ini dibagi menjadi (kalo ga salah) 5 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5 orang. Kelompok gw beranggotakan 2 cewek dan 3 cowok. Pagi-pagi kita dikumpulin di kampus pake baju ijo-ijo buat senam pagi, abis itu baru berangkat ke tempat pelantikan. Berangkatnya juga ga barengan, kita dilepas per kelompok. Kebetulan kelompok gw dapat kesempatan berangkat pertama. 

Dan mulailah kami berlima berjalan ala peserta fear factor menyusuri jalan kampus yang sepi sambil menenteng kompor dan segala macam. Bener banget, kita jalan kaki menuju tempat pelantikan, JALAN KAKI. Mulai dari nurunin tebing yang licin, nyeberangin sungai dan kali. Untungnya waktu itu ga lagi musim hujan, jadi airnya Cuma setinggi lutut orang dewasa. Biasanya kalo lagi musim hujan air sungainya bisa mencapai pinggang orang dewasa. 

Setelah itu menelusuri jalan setapak panjang yang mendaki. Itu belum seberapa, setelah ngos-ngosan mendaki jalan setapak, kita harus nyeberangin jembatan yang lebarnya kira-kira 30 cm. Jembatan yang terbentang lebih dari sepuluh meter itu berada di atas jurang setinggi kira-kira 10-15 meter. Biasanya gw takut ketinggian, tapi syukurlah waktu itu gw bisa nyebrang dengan selamat sentosa. Malahan sempat foto-foto ditengah jembatan. Sayang foto-fotonya ilang abis install kompi. Lucunya waktu di atas jembatan, salah satu temen cowok gw sempat muntah-muntah. Dan temen cowok satu lagi ngesot di atas jembatan sambil teriak ‘MAMA’ saking takutnya. Haha… 

Dari pagi kita berangkat, nyampe di tempat pelantikan kira-kira pas Zhuhur. Ga kebayang capeknya. Apalagi nyampe di sana harus masak dan masang tenda juga. Dan yang bikin gw excited nyampe sana adalah air sungainya yang biru kaya air laut. Selain takut ketinggian gw juga rada phobia sama sungai yang ga keliatan dasarnya. Ga ada yang tau kan apa aja yang ada di dasar sungai, buaya ato apalah gitu. Tapi ga buat kali ini. Bawaanya pengen nyemplung aja, untung gw bisa nahan diri. Secara gitu, gw kan ga bisa berenang. Haha… 

Abis masang tenda
Makan bareng

 Betewe nama tempatnya adalah Batu Busuk. Yeeeaaa, the Stinky Stone. Ga tau kenapa nama daerahnya Batu Busuk, berhubung selama perjalanan ke sana gw ga ada nemu batu yang baunya busuk. Di sana lumayan seru, mengingat gw yang ga suka camping. Tapi tetep aja gw ga mau ngulang camping untuk kedua kalinya. 

Awalnya ga kebayang, pelantikannya kaya gimana. Kaya upacara pelantikan biasa ato gimana gw ga tau. Yang jelas malamnya abis games dan segala macam, kita disuruh tidur jam 9. Dan dinginnyaaaaaa…. Berasa kaya lagi di kulkas. 

Ternyata tengah malam kita dibangunin satu-satu secara diam-diam, buat dikeroyok lagi (baca: interview). Di sini mental kita juga diuji. Malah ada temen gw yang sampe nangis segala. Untungnya gw ga. :D 

Nah besok siangnya baru acara pelantikan resmi. Setelah pelantikan itu, kita satu persatu disuruh berenang di sungai buat nyium almamater. Keinginan nyemplung kesampaian juga. Tapi karena gw ga bisa berenang, terpaksa gw jalan aja. Hampir tenggelam juga. Bayangin aja gw berada di dalam sungai yang tingginya sebatas dada dan gw ga bisa berenang, untungnya ada senior yang nolongin. Dan begitulah, setelah gw nyampe pinggir sungai lagi, gw resmi jadi anggota pers mahasiswa di kampus. Cheeers…. 

Pelantikan
Gw waktu nyebrang sungai  :D
Kiss.. Kiss... My almamater... :)

Ga terasa udah hampir dua tahun sejak gw dilantik. Banyak pengalaman berharga yang gw dapat dalam organisasi ini. Gw yang dulunya ga berani ngomong alias pemalu jadi ada kemajuan dikit. Tapi kalo dibidang tulis menulis tetep aja masih nol, gw lebih tertarik jadi layouternya ketimbang terjun langsung jadi reporter. 

Tapi gw pernah terjun langsung waktu mo bikin liputan khusus tentang kehidupan anak punk di kota Padang. Sore itu gw dan 3 temen lainnya nguber-nguber Padang buat nyari anak-anak punk buat diwawancara. Awalnya ada nemu di daerah Permindo, tapi mereka ga mau diwawancara karena ga percaya sama wartawan. Dan akhirnya berujung di belakang Plaza Andalas. Di sana ada segerombolan anak punk yang lagi nongkrong. Pertama rada cemas juga kalo-kalo mereka jahil, secara mereka rame dan kami Cuma berempat dan dua diantaranya adalah cewek, termasuk gw. Akhirnya kecemasan gw ga terbukti karena ternyata mereka welcome. Malahan sempat foto-foto. Sayangnya lagi gw ga ada nyimpen fotonya. Salah satu pengalaman gw yang ga bisa dilupain. 

Temen-temen di pers juga udah kaya keluarga kedua buat gw. Ke sanalah tujuan gw kalo lagi suntuk dan stress. Orang-orangnya yang unik-unik dan selalu bisa bikin ketawa. Walopun kadang-kadang ada terjadi selisih paham, tapi itu biasa terjadi di dalam berorganisasi. Kalo ga ada kuliah, kita biasa ngumpul di sekre walopun Cuma buat nonton tv, main game, atopun main Uno Card. Uh, unforgettable moment. 


:D

Sibuk kalo mo terbit






Dan akhir April kemarin gw udah resmi istirahat dari kegiatan pers. No more layout, ga ada lagi bikin iklan. Ternyata kangen juga. Padahal dulu gw sering ngomel-ngomel kalo udah deket deadline. Hehe… Sekali lagi, unforgettable moments.

2 komentar:

  1. Wah..jadi anak kuliah seru yah mbak? bisa ngurusin tabloid ma camping. 2 taon lagi giliran aku nih yg mahasiswa huehhe

    Keep blogging! :)

    BalasHapus
  2. Beda2 serunya dek... Waktu SMA pengen cpt2 lulus n kuliah, kalo udah kuliah pengen balik SMA lagi... Hehe... tapi kalo ditanya, masa2 paling indah emang masa2 SMA... So, enjoy ur time... :)

    BalasHapus